Tesis

Hubungan antara faktor risiko dan gejala dengan temuan mikroorganisme pada perempuan usia reproduksi dengan keluhan keputihan = Correlation among risk factors and symptoms with microorganism of vaginal discharge in reproducitve age women.

Latar belakang: Keputihan merupakan sering dijumpai menjadi alasan wanita berobat ke dokter. Pengenalan faktor risiko dan gejala yang menyertainya serta kaitannya dengan penyebab mikrobiologi keluhan keputihan dapat berguna bagi klinisi dalam praktik sehari-hari. Penelitian ini mencari hubungan antara faktor risiko dan gejala yang dialami terhadap temuan mikrobiologi penyebab keputihan pada wanita usia reproduksi. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian potong lintang di Departemen Obstetri & Ginekologi RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Wawancara dilakukan pada pasien di poliklinik dengan keluhan keputihan untuk identifikasi faktor risiko dan gejala. Temuan mikrobiologi dikonfirmasi dengan pemeriksaan yang spesifik sebagai baku emas. Hasil: Sebanyak 81 subjek ikut serta dalam penelitian ini. Candida sp merupakan penyebab infeksi tunggal terbanyak yang ditemukan (17 subjek, 12,3%). Hubungan seksual yang sering (≥3 times/week, p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Aliefatien Asmanuwati - Nama Orang
Dwiana Ocviyanti - Nama Orang

No. Panggil
T 15 402 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xvi, 65 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15402FKT15402FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara faktor risiko dan gejala dengan temuan mikroorganisme pada perempuan usia reproduksi dengan keluhan keputihan = Correlation among risk factors and symptoms with microorganism of vaginal discharge in reproducitve age women.

Related Collection